Jumat, 31 Desember 2010

Social Media

Social Media

What Is Social Media Marketing?

Tentu jawabannya bisa beraneka ragam karena setiap kepala bisa memiliki pemikiran masing masing, misalnya;

Social Media Marketing adalah bentuk marketing dengan memanfaatkan social media channel. Kedudukan diantara user bersifat horizontal yang berarti tidak ada pimpinan dan bawahan. dengan kata lain diantara user saling menghormati tanpa ada keterikatan birokrasi.


Kekuatan social media marketing berujung pada suara komunitas sebagai core power dan pusat gravity. Apabila suatu brand mampu ber-interaksi didalamnya kemudian memasarkan(marketing) suatu produk lalu banyak dibicarakan hal hal positif sehingga terbentuk opini komunitas maka ujung dari marketing strategy dapat terwujud, SALES.

sosial media hanyalah dasar komunikasi, seperti apa yang kita lakukan sehari-hari.

para pakar social media sering terlalu fokus pada kanal-kanal social media. facebook, twitter, forum, blog, podcast, picture dan video hanyalah sebuah jembatan untuk berkomunikasi dengan sasaran/ target.

pikirkan chanel-chanel ini sebagai bahasa. tool social media ini bisa dipelajari dengan budah namun content dan nilai percakapan adalah segalanya.

seperti seth godin katakan di blognya, social media adalah sebuah “proses”, bukan sebuah event. di dalam bisnis, perusahaan seharusnya tidak berinvest di sosial media jika menginginkan hasil yang cepat. ini adalah proses membangun hubungan baik dengan klien yang potensial dan juga kustomer yang sudah ada.

strategi social media yang benar adalah dengan dua cara. pertama membuat strategi dengan meriset, membuat perencanaan dan mendengarkan audience. kedua melakukan taktik kampanye di facebook, viral video, Iphone app, youtube, twitter, flickr dan lainnya. mayoritas kesalahan para pemilik brand, mereka melakukan taktik kampanye sebelum strategi

beberapa brand mungkin berhasil dan bisa menciptakan “buzz”, tapi hal itu terlalu riskan jika terlalu fokus hanya pada tactik tersebut. taktik seharusnya muncul setelah kita membangun fondasi brand image, personalitas dan engagement online yang solid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar